Kenapa Fakultas Kehutanan UGM?

Berhubung banyak banget orang yang penasaran pas denger aku milih Kehutanan UGM, aku pun jadi pengen mencurahkan alasan-alasan yang memantapkan aku buat ngambil jurusan ini. Sooo check this out!

1. Natural Talent
Ya, bakat alami. Tanpa aku sadari forestry is in my blood. Karena ayahku kerjanya juga di bidang kehutanan, beliau sering mengajak aku, ibuku, dan adikku ke tempat kerja beliau yang notabene adalah hutan. Aku udah nggak ingat berapa kali ayahku ngajak aku dan adikku ke hutan saat liburan. Terakhir pada akhir Desember 2013 lalu ayahku mengajak kami sekeluarga liburan ke Pontianak-Kalimantan Barat. Sesampainya di Pontianak, ayahku mengajak kami jogging dari rumah sampai ke hutan kota! Astaga, apakah ini yang ayahku anggap sebagai liburan? -_- Pulangnya aku langsung merengek minta ke mall.


Selain itu, lagi-lagi tanpa aku sadari minatku memang cenderung ke hal-hal yang berbau nature. Pada saat masuk SMA, tanpa ragu aku langsung memilih bergabung di sebuah ekstrakurikuler pecinta alam yang disebut EYES. EYES merupakan singkatan dari Ecological Youth Environmental Source. Di ekskul EYES, anggotanya diharuskan untuk peka terhadap lingkungan dan alam. Selama bergabung di EYES, pengetahuanku tentang isu-isu alam berkembang. Aku mengikuti lomba daur ulang limbah dan alhamdulillah meraih juara 3. Lalu aku juga mengikuti lomba menulis esai tentang Cagar Biosfer Giam Siak Kecil yang diadakan oleh Young Green Weekend School dan alhamdulillah tulisanku terpilih sebagai salah satu dari 20 tulisan terbaik se-Riau. Jujur aja, sebelum tau tentang lomba esai tersebut, aku bahkan nggak tau Cagar Biosfer Giam Siak Kecil itu ada.

2. Emang Nyari Fakultas yang Banyak Jalan-jalannya
Yang namanya Fakultas Kehutanan, udah pasti bakalan masuk ke dalam hutan. Tapi sebenarnya bukan cuma hutan kok, berdasarkan searching yang udah aku lakukan selama ini, mahasiswa FKT UGM juga jalan-jalan ke gunung, pantai, laut, puncak, dan melihat keindahan alam lainnya. I'm sooo excited! I really am.

3. I Love Adventure
Masih segar di ingatanku saat ayahku mengajakku ke tempat kerjanya. Kami pergi ke sana dengan mengendarai mobil. Mobil ayahku adalah sebuah mobil 4WD (Four Wheel Drive) dengan bahan bakar solar dan suara mesin yang keras. Mobil sejenis itu memungkinkan pengendaranya untuk menerjang segala medan di hutan. Jalanan berlumpur, lubang-lubang besar (yang kalau mobil biasa sudah pasti bannya akan terpuruk), bahkan sungai dangkal. Dan setiap kali ayahku mengajak kami ke tempat kerjanya, kami pasti selalu melewati segala medan tersebut. Tapi mobil ayahku selalu bisa melewati rintangan-rintangan itu. Mobil ayahku juga sering menarik mobil-mobil temannya yang terpuruk di lubang besar atau jalanan berlumpur. Ya, jalanan di hutan sama sekali bukan jalanan beraspal. Jalanan di hutan adalah pasir-batu dan kalau hari hujan jalanannya akan menjadi becek dan sering membuat mobil-mobil terpuruk. Aku selalu menikmati berada di dalam mobil ayahku dan menjelajahi isi hutan. Apalagi saat malam hari, mobil ayahku menerjang gelapnya hutan. Itu lebih seru!

4. Udah Terbiasa dengan Tantangan
Tiap orang pasti punya tantangan yang berbeda-beda dalam hidupnya. Termasuk aku. Tapi tantangan yang aku hadapi selama ini kayaknya mempersiapkan aku untuk di kehutanan kelak. Cukup aku aja deh yang tau the further details about the challenges hehe.

5. Kalau Nggak Bisa 'Lebih' dari Orang tua, Minimal Harus Bisa 'Sama' dengan Orang tua
Ini yang selalu menjadi motivasi buat aku. Kedua orang tuaku aja bisa kuliahnya di PTN. Aku juga harus bisa masuk PTN. Orang tuaku pun terlihat agak keberatan ketika aku iseng berkata, "kakak kuliahnya di swasta aja deh, ya..."

6. I Love Trees and Green Environment
Ya, aku sangat suka pohon. Aku suka berada di tempat yang teduh, rimbun, dan sejuk. Di rumahku sangat banyak pohon. Di halaman depanku saja di sudut kanannya ada pohon mangga dan di sudut kirinya ada pohon jambu. Di halaman belakang juga ditumbuhi pohon-pohon yang akupun nggak tau pohon apa.

7. Kehutanan akan Membuatku Lebih Mandiri dan Disiplin
Di kehutanan, mahasiswanya nanti pasti akan lebih mandiri dan disiplin karena sifat seperti itu tampaknya dimiliki oleh setiap rimbawan. Saat sedang praktek ke hutan, kita harus bergerak cepat. Makan cepat, bangun tidur cepat, mandi cepat, dan yang lambat tentu akan tertinggal.

8. Satu Almamater dan Fakultas dengan Ayahku
Alasan terakhir mengapa aku memilih Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada adalah karena ayahku merupakan alumni di sini. Jujur lagi nih, sebelumnya nggak pernah terpikir aku bakalan ngambil jurusan yang sama dengan ayahku. Bahkan aku pernah tanpa sengaja berkata, "aku nggak mau masuk kehutanan kayak ayah!" Tapi sebenarnya aku nggak sengaja berkata begitu karena sedang kesal dengan ayahku. Dia sangaaaaaaaaat sibuk dengan pekerjaannya sehingga dia nggak nelfon-nelfon ke rumah. Ayahku bekerja di sebuah perusahaan HTI (Hutan Tanaman Industri) di kota Pontianak-Kalimantan Barat. Walaupun ia sarjana kehutanan, namun ia bekerja di kantor. Tapi seminggu sekali ayahku tetap harus ke lapangan (baca:hutan).

Saat detik-detik terakhir pendaftaran SNMPTN ditutup, dengan mantap aku memilih Kehutanan UGM di urutan pertama, lalu Geografi dan Ilmu Lingkungan UGM di urutan kedua. Sebenarnya aku ingin mencari tahu apa yang membuat ayahku betah berlama-lama di hutan. Ayahku lebih suka bekerja di lapangan (baca:hutan) daripada di kantor. Katanya kalau di kantor tuh bikin ngantuk. Ibuku pasrah melihat keyakinanku yang sangat besar untuk mengambil kehutanan. Sebenarnya ibuku sangat menginginkanku kuliah di jurusan Tata Boga di UNY. Tapi minatku bukan di situ. Sorry, mum <3 Akhirnya setelah meyakinkan ibuku bahwa aku juga bisa sukses di Kehutanan, ia pun mendukungku.

Alasan-alasan di atas adalah murni alasan pribadiku sendiri. Aku belum tau nanti setelah masuk kuliah bakalan gimana. (Baca: suka duka mahasiswa kehutanan UGM ) Terlepas dari itu semua, aku nggak pernah memedulikan tanggapan-tanggapan orang tentang kehutanan. Kalau ada orang yang nanya "lulus di mana?". "kehutanan ugm". "mau jadi tarzanwati?". Aku nggak akan marah ataupun tersinggung kalau ada yang bilang gitu. Tapi aku malah kasihan padanya, karena orang yang berpikir seperti itu adalah orang yang memiliki pikiran DANGKAL dan SEMPIT. Nggak pernah ada orang kehutanan yang jadi tarzan atau tarzanwati. Mereka semua akan menjadi rimbawan. Sekali lagi RIMBAWAN, BUKAN TARZAN. Rimbawan itu punya ilmu. Tarzan nggak punya ilmu. That's the difference.

Penasaran dengan prospek kerja sarjana kehutanan? Baca Prospek Kerja Sarjana Kehutanan 

Comments

  1. kak, apa aja sih yang dipelajari di fakultas kehutanan?
    Pengen masuk tapi masih bingung..
    Maunya juga lebih mantepin..
    Perbandingan antara teori, itung-itungan dan praktek kira kira berapa berapa persen ya? Makasih kak kalo dibales..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mata kuliah yang dipelajarin di ugm bisa diliat di http://nisainna.blogspot.com/2014/09/mata-kuliah-fakultas-kehutanan-ugm.html ya dik ;) di kehutanan, kamu bakalan tetep ketemu itung-itungan. Apalagi di matkul biometrika hutan yang notabene statistika. full rumus. tapi gak susah kok kalo ngerti. lalu di matkul ilmu tanah hutan juga ada rumus-rumusnya buat ngitung kadar lengas tanah, persediaan air dalam tanah, bahan organik yang terdapat dalam tanah, dll. tapi rumusnya gak susah kok :)
      matkul2 di kehutanan asik-asik kok. aku juga gak suka itung-itungan. tapi di kehutanan itung-itungannya gak kayak tekniklah. palingan perbandingan teori dengan itungannya 70:30 persen.
      hmm, kamu masih kurang yakin masuk kehutanan ya? yang jelas kamu gak bakalan nyesal masuk kehutanan kalo kamu orang yg suka bertualang dan jalan-jalan.

      Delete
  2. keren postingannya, ini yg sya cari2, alhamdulillah saya lolos s1 kehutanan ugm 2014 tapi saya masih bingung dengan apa itu kehutanan dan ada apa dngan kedepannya bagi alumni kehutanan, kalau bisa post lagi ya tentang kehutanan ugm dan yang kamu ketahui tentang kehutanan ugm sya baru butuh pencerahan, terimaksih

    ReplyDelete
  3. makasih khairul :) kamu maba fkt ugm'14 juga? sama dong :D iya insya Allah ke depannya aku bakalan posting tentang fkt lagi kok. rencananya aku ntar pengen posting tentang ospek kehutanan

    ReplyDelete
  4. ohh gitu.. iya kak aku pengen banget nih, kayaknya lebih feel ke kehutanan sih hehe..
    kak, boleh dong sharing dikit tentang nilai rapot dan pergejolakan kakak selama di SMA hihi *maaf ya kak, lagi butuh pencerahan*
    Jujur aja nilaiku naik turun soalnya, padahal masuk jurusan IPA tapi agak galau sama melajari IPA nya hihi, lagi berusaha lebih keras kelas 12 ini.. mungkin gak ya kak kalo udah ada naik turunnya gitu? sedangkan PTN gak boleh naik turun.. apa itu juga tergantung keputusan pihak UGM?
    Hmm ditambah lagi kak.. untuk masuk FKT ini
    haruskah kita kira kira paham betul tentang hutan? yaa atau setidaknya sedikit banyak mengerti tentang kehutanan lah? Karena jujur saya pernah ada pengalaman tentang tumbuhan2 gitu, tapi kalo hutan belum hehe.. makasih kak maaf banyak tanya :)

    ReplyDelete
  5. iya rencananya aku juga bakal ngepost nilai-nilai raporku pas di SMA dari semester 1-5, soalnya banyak yg nanya jg. tapi berhubung aku sekarang lagi di rumah, sementara raporku di kost di jogja, aku belum bisa ngepost. ntar yah pas aku udh balik ke kost :) liat aja ntar di postingan aku yg 'Lulus SNMPTN Kehutanan UGM'

    hmm kalo tentang nilai yg naik turun aku kurang tau juga pengaruhnya segede apa buat snmptn ini. seingatku kalo nilaiku sih naik terus, kecuali pas semester 3 dan 4 itu tetap.

    buat masuk fkt kita gak harus paham betul kok ttg hutan. soalnya ntar di semester 1-4 kamu masih belajar general forestry. jadi masih mempelajari hutan secara general (umum). gapapa, biasanya yg masuk kehutanan itu orang yg suka tumbuh-tumbuhan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu.. iya kak ditunggu :)
      kak, ngomong ngomong, sejauh ini peminat dan pesaing di FKT UGM banyak nggak? :O tahun kakak diambil berapa banyak maba?

      Delete
  6. di ugm, dari klaster agro (pertanian, kehutanan, perikanan, dan peternakan), kehutanan selalu yang paling banyak peminatnya. yaitu sekitar 1.200 orang lebih tiap tahun. tapi tenang aja, karena kuotanya juga paling besar kok. sebenarnya kuota kehutanan dari semua jalur (snmptn, sbmptn, utul 1, dan utul 2) ada 250. tapi gatau kenapa, tahun ini ugm cuma ngambil 246 orang. bukan karena peminatnya berkurang, justru peminatnya bertambah (mungkin faktor Jokowi presiden) tapi yang jelas sekarang ugm menyeleksinya ketat bgt. oh iya, ternyata nilai rata-rataku ada yg nurun juga pas smt. 4.

    ReplyDelete
  7. kak? apakah postingan lulus snmptn kehutanan ugm udah dishare?

    ReplyDelete
  8. Assalamuallaikum.
    Ka, aku mau tanya, kalau dari jurusan IPS boleh nggak sih lintas jurusan ke FKT? Terus pas tahunnya kakak, ada nggak anak ips yang lolos?
    Wassalam

    ReplyDelete
  9. Waalaikumussalam :)
    Dari IPS boleh kok masuk FKT. temenku dari SMK aja banyak yg masuk FKT. Tapi setauku kalo SNMPTN gak bisa. Kamu kayaknya harus nyoba SBMPTN kalo mau lintas jurusan ke kehutanan. Soalnya kehutanan itu IPA.
    Kalo di angkatanku aku gatau dek, aku belum kenal satu angkatan soalnya. banyak bgt sih 246 orang hehe

    ReplyDelete
  10. Kalau untuk semesterannya nyampe berapa ka di FKT UGM?

    ReplyDelete
  11. artana: maaf baru buka blog dek. maksudnya biaya kuliah per semester? kalo mau nanya bisa di ask.fm/NisaHsna biar aku cepet balesnya hehe

    ReplyDelete
  12. kalo jalur snmptn susah nggak, soalnya saya juga nilainya pas2san bngt. kurva nilai rapot si naik tpi yg semester 5 ini turun.

    ReplyDelete
  13. favian: aku dulu lulus kehutanan ugm lewat jalur snmptn kok. dan nilaiku juga gak terlalu tinggi. pas semester 4 nilai rata2ku juga turun. saranku sih coba dulu aja :)

    ReplyDelete
  14. kak, denger-denger ospek FKT itu berat ya kak? bagi cerita nya dong kak gimana ospek d FKT Ugm itu.. soal nya aku mau milih kehutanan ugm tahun ini kak. aku letakin di nomor satu pula kak, takutnya fisik aku gak kuat masuk sana kak

    ReplyDelete
  15. kak, denger-denger ospek FKT itu berat ya kak? bagi cerita nya dong kak gimana ospek d FKT Ugm itu.. soal nya aku mau milih kehutanan ugm tahun ini kak. aku letakin di nomor satu pula kak, takutnya fisik aku gak kuat masuk sana kak

    ReplyDelete
  16. monica: kalo dibandingin sama fakultas lain yg ada di ugm, dari segi mental dan fisik ya emang kehutanan yg paling berat ospeknya. praktikum lapangannya juga -_- lebih berat malah. tapi kalo dari segi tugas2 selama ospek masih jauh lebih berat teknik.
    maaf bgt dek, kami gak dibolehin bocorin tentang ospek kehutanan sedikitpun. mungkin kalo mau tau gimana beratnya, kamu bisa baca postinganku tentang praktikum lapangan kemarin aja kali ya http://nisainna.blogspot.com/2015/01/forest-camp.html
    tapi jangan takut dulu dek, semua maba fkt ugm selalu bisa ngelewatin ospek kok. bahkan ospek tsb bakalan jadi pengalaman paling gak terlupakan di hidup kamu. seru bgt gak boong. kalo kamu punya penyakit kayak asma, maag, pernah operasi, dsb ntar bilang aja ke panitia ospeknya. ntar kamu dikasih pita di bahu kamu. jadi gak terlalu parah ntar hehe

    ReplyDelete
  17. menurut kakak trmsuj susah gak sh masuk fahut ugm?

    ReplyDelete
  18. Monica dan ilhamzah: aku gak tau gimana rasanya sbmptn dek, soalnya aku snmptn jadi tanpa tes. Kerjain aja soal2 sbm. Utul kurang lebih kayak sbm soal2nya

    ReplyDelete
  19. kak, katanya adfa olimpiade kehutanan, tapi i sekolah saya kok gak ada brosur brosur gitu,.

    ReplyDelete
  20. jadi pengen masuk fakultas kehutanan nih kak :3

    ReplyDelete
  21. Ales: hahaha jangan dek ntar sainganku nambah :p kamu kok iso nyasar ke blogku les? Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita kan emang udah saingan :3
      aku search mengapa kehutanan, blogmu masuk halaman pertama kok, haha

      Delete
  22. oh jadi kamu merasa tersaingi sama aku? :p oh hahaha iya po? lah kamu ngapain coba masih nyari2 mengapa kehutanan? kayak anak sma aja :p

    ReplyDelete
  23. permisi numpang tanya kak,nilai rata-rata raport ku progres nya selalu meningkat,dari semester 1 sampe semester 5 rata-rata nilaiku 8 dan 9.aku juga selalu ranking 1 disekolah.kira-kira bisa lulus gak di jalur snmptn FKT UGM? Thanks kakak

    ReplyDelete
  24. alumnimu di ugm bnyk ga dek? aku gaktau peluangnya segede apa. aku cuma mahasiswa kehutanan biasa :') banyakin doa aja lagi dek

    ReplyDelete
  25. oh iy deh kak,saya masih ragu-ragu kak mau daftar di univ segede dan sepopuler itu,soalnya saya ya cuma dari desa.Takut gak di terima dan buang-buang kuota snmptn saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bocoran masuk UGM dan UI dikupas di sini. Ga cuma soal, tapi bahas kos-kosannya juga! Ga bakal bingung mau ngapain lagi buka pizna.com #AyoKuliah

      Delete
  26. alumni dari sma ku gak ada yang masuk FKT UGM

    ReplyDelete
  27. Ka aku rata2 nilai raportnya 81,32 terus asal aku dari jabar takut galolos snmptn kalo ngambil fkt ugm ka:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bocoran masuk UGM dan UI dikupas di sini. Ga cuma soal, tapi bahas kos-kosannya juga! Ga bakal bingung mau ngapain lagi buka pizna.com #AyoKuliah

      Delete
  28. PLIS BUAT ADIK2KU SEMUA YG NIAT MASUK KEHUTANAN, KALO KALIAN UDAH YAKIN YA BISMILLAH AJA. aku dulu gak pernah nanya2 ke kakak kelas kayak kalian gini. nilai rata2ku kalo dibandingin sama temen2ku termasuk di urutan bawah. pesanku satu: JANGAN CUMA BERHARAP DI SNMPTN AJA, sambil nunggu pengumuman snmptn juga harus tetap berusaha mempersiapkan diri utk semua kemungkinan. kerjain soal2, ikut les, ikut try out, jgn main2 jalan2 ke sana ke sini. ntar kalo udh dapet kuliah aja baru main. SEMANGAT GAISS. maaf aku lg gak mood gini balesnya aku lagi stress abis responsi gak bisa ngerjain sama sekali. #curcol

    ReplyDelete
  29. Kak, mau nanya, fak.kehutanan itu gimana kak? Enak gak? Belajarnya? Dan prospeknya nnti kmna?
    Soalnya, alhamdulillah syaa lulus sbmptn fak kehutanan UGM kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat deek! So far sih alhamdulillah aku udah dapet 'feel' kehutananannya. Pelajarannya ada yg enak ada yg enggak. Kamu kok milih kehutanan dek?

      Delete
  30. Assalamualaikum kak.
    Saya mau tanya nih kak, prospek setelah kuliah fakultas kehutanan biasanya/bisa apa saja ya kak. Kebetulan saya juga pingin kehutanan atau geografi, karena lebih suka dilapangan. Tapi bingung nnti prospek kerja setelah kuliah kak. Syukron :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://nisainna.blogspot.com/2015/06/prospek-kerja-sarjana-kehutanan.html?showComment=1437574734941#c8144182270512833876

      Delete
  31. Assalamu 'alaikum ka :) Salam kenal, saya Siti dari Temanggung, Jawa Tengah, InsyaAllah gabung di fak kehutanan tahun ini. Tapi belum ada temen sama sekali, boleh dong minta kontaknya kaka, biar bisa tanya2 lebih lanjut (mau cari kosan segala hehe) Makasih banyak kaka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumussalam siti :) wah maaf ya aku baru sempat buka blog. line aja ya dek, id ku nisahsna

      Delete
  32. Ka kalau lulusan fakultas kehutanan biasanya kerjanya apa aja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://nisainna.blogspot.com/2015/06/prospek-kerja-sarjana-kehutanan.html?showComment=1437574734941#c8144182270512833876

      Delete
  33. Kak, aku camaba kehutanan ugm. Jalur utul sih. Tentang ospeknya tu ada fisik nggak sih? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. setauku sih kalo snmptn zamanku dulu, ipa bisa milih ips tapi ips gak bisa milih ipa. gatau sekarang ya

      Delete
  34. Kak mau nanya, peminat kehutanan di UGM untuk tahun 2015 kemarin itu brp ya? Makasih kak

    ReplyDelete
  35. Kak mau nanya, peminat kehutanan di UGM untuk tahun 2015 kemarin itu brp ya? Makasih kak

    ReplyDelete
  36. Kak mau tanya, propek kerjanya fkt sh kak?

    ReplyDelete
  37. Assalamualaikum
    Ka, kalo di fakultas kehutanan ugm
    Prodinya apa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam,
      di Kehutanan UGM ada 4 prodi yg akan dipilih pada saat kamu memasuki semester 4, yaitu:
      Manajemen Hutan
      Budidaya Hutan (Silvikultur)
      Teknologi Hasil Hutan
      Konservasi Sumberdaya Hutan

      Delete
  38. kak, apa aja sih yang dipelajari di fakultas kehutanan?
    Pengen masuk tapi masih bingung, wkwkwkwk
    trus kalo udah lulus, bisa ke mana aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mata kuliah semester 1 di Kehutanan UGM:
      http://nisainna.blogspot.co.id/2014/09/mata-kuliah-fakultas-kehutanan-ugm.html

      Prospek kerja lulusan Kehutanan:
      http://nisainna.blogspot.co.id/2015/06/prospek-kerja-sarjana-kehutanan.html

      Delete
  39. Assalamualaikum Kak,
    Mau tanya kalo anak SMK jurusan Teknik Otomotif punya peluang masuk FKT gak yaa walaupun disekolah ikut ekstra pecinta alam? terus kalo punya sertifikat pernah ikut lomba tingkat DIY tapi gak sesuai bidang bisa buat bahan pertimbangan seleksi nggak ya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam diks, kalo peluang dari SMK sih ada. buktinya temenku ada yg dari SMK jurusan mesin2 gitu.
      sertifikatku juga gak ada yg sesuai dgn jurusan kehutanan kok. gak terlalu ngaruh kalo sertifikat.

      Delete
    2. tapi aku lihat di web snmptn kok taun lalu hampir smua yg ketrima dri SMA IPA yaa kak ?

      Delete
    3. oh kalo snmptn emang cuma bisa IPA dek, soalnya kehutanan itu masuknya saintek (ipa). sbmptn dan um bisa kok

      Delete
  40. Ass kak kalau UM UGm peluang ketrima nya gimana kak trus denger kalau lulus di UM lebih mahal ya? btw orang riau kak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuota UM kan paling sedikit yah dibandingin snm dan sbm. gak ngerti aku dek klo peluang2 gitu. bukan panitia penerimaan mahasiswa baru soalnya aku. gak kok, UKT UM sama aja kayak jalur lain. iya aku orang pekanbaru. kamu juga?

      Delete
  41. oh iya alhamdulilah kemarin saya lolos di FKT UGM lewat jalur prestasi , sekarang lg nunggu jadwal registrasinya . kalau mba ada info bisa share ke saya mbaa ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, selamat yaa ;) hmm kalo info kamu follow aja ig @lemfktugm yaa

      Delete
  42. Kak? Mau nanya nih, jadi ceritanya saya dari smk nih. Bisa nggak ya masuk fkt? Soalnya saya liat baru" ini fkt ugm 2016 cuma nyediain buat SMA. Padahal saya sudah pilih jurusan itu di sbmptn bulan Mei kemarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. dek maafin aku baru bales yaa :" lagi sibuk soale. gimana kamu keterima gaa?

      Delete
  43. Assalammualaikum kak, saya dari dulu punya cita2 untuk masuk fkt ugm, nah saya punya modal serifikat kak yang bisa dipakai untuk pbos. Pertanyaannya apa bisa dari PBOS daftar ke fkt kak?

    ReplyDelete
  44. Hai Mba Nisa, ngga nyangka loh kalo mba jadi pemanduku waktu PPSMB Fakultas kemarin wkkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Aliiiii.... kujuga gak nyangka bisa jadi pemandu kamu hehehe. kamu anaknya keren bgt beneran. kamu bakal jadi orang hebat aku yakin.

      Delete
  45. kak nama sy dandhi kalimantan utara rencana mau ikut tes SMPTN di UGM tapi sy kelas 1 ips klas 2 baru di kasi naik guru ke ipa trus nilai sy yaa klaw dilihat grafiknya naik sih cuman kurang menonjol sy sdah stalking artikel tentang jurusan kehutanan Alasan sy masuk krna menang kesukaan sy sring ikut orang tua masuk hutan dan lain2 sama dngan kaknisa suka ikut ayahnya dan memang dari masuk sma klaw ditanya nanti klaw lulus maublanjut kmna pasti jawabannya kehutanan krna memang sdah melekat skli

    ReplyDelete
  46. Sukses buat Mahasiswa Kehutanan Indonesia :)

    Mari Mbak, dibarengi nanam pohon, Sekarang makin seru karena ada program revolusioner nanam pohon sekaligus mendapat manfaat ekonomi atas penanaman dan kampanyenya.

    Cari tahu caranya di : http://www.greenwarriorindonesia.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku baru tau ttg green warrior Indonesia. makasih infonya yaa

      Delete
  47. Mm cerita kita mirip ka. Hehe bapa saya juga orang kehutanan kerjanya di BKSDA. Saya mau daftar sbm tahun depan, doakan saya ya kak 😊

    ReplyDelete
  48. Mm cerita kita mirip ka. Hehe bapa saya juga orang kehutanan kerjanya di BKSDA. Saya mau daftar sbm tahun depan, doakan saya ya kak 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah cocok tuh kalo anaknya mewarisi bakat bapaknya, hehe. semangat yah, semoga keinginannya tercapai ;)

      Delete
  49. Kak aku mau masuk fakultas kehutanan tp ada masalah sm kulit kayak sensitive gitu. Kira2 berpengaruh nggak sm kehutanan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sensitif terhadap apa, ya? air yang kurang bersih? panas matahari? tanah?

      Delete
  50. Selamat berproses di fahutan UGM dik! Semoga menjadi rimbawati yg tangguh dan berkontribusi thd hutan Indonesia yg makin kritis. Salam

    ReplyDelete
  51. Alumni smk akuntansi 2016 th ini pngn nyoba ugm kehutanan. 3 th ini bergBung sma saka Wanabakti bnr" bikin aku jatuh cinta sma hutan. Minder juga klau hRus sbmptn pas soalnya ipa. 3 th sklh sma skli nggk pernh diajarin. Gimna ya kak?

    ReplyDelete
  52. Alumni smk akuntansi 2016 th ini pngn nyoba ugm kehutanan. 3 th ini bergBung sma saka Wanabakti bnr" bikin aku jatuh cinta sma hutan. Minder juga klau hRus sbmptn pas soalnya ipa. 3 th sklh sma skli nggk pernh diajarin. Gimna ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak pernah diajarin apa ya? kalo gak mau sbmptn terus apa?

      Delete
  53. Kehutanan ugm/ipb gampang ga sih? Akupen kesana tapi nilaiku jeblok😢skrg aku kls 11

    ReplyDelete
  54. Kehutanan ugm/ipb gampang ga sih? Akupen kesana tapi nilaiku jeblok😢skrg aku kls 11

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gakbisa dibilang gampang juga soalnya tiap tahun ada aja yg curhat sama aku dia gak keterima di kehutanan ugm. pacarnya temenku juga gagal masuk sini padahal papanya alumni sini. masih kelas 11 masih ada waktu buat memperbaiki nilaimu :)

      Delete
  55. Kak,yang lulusan smk jurusan tkj bisa nggak ya masuk kehutanan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tkj itu apa ya? kalo snmptn (undangan) cuma bisa dari ipa. tapi kalo sbm dan um ugm bisa kok dari smk

      Delete
  56. Assalamualaikum kak :)
    Makasih post nya bermanfaat bgt buat aku pdhl tdinya ngga yakin sama kehutanan eh pas ngebaca info dri kaka aku lngsng yakin 85% buat milih buat nanti di snmptn hehe, nanti ke depan nya kalo aku mau tanya" tentang FKT ugm boleh yah kak??? Wassalamualaikum kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumussalam... samasama yaa :) iya boleh kok hehe

      Delete
    2. Kak mau nanya ni, apakah anak ips peluangnya kecil untuk masuk jurusan kehutanan?

      Delete
    3. kalo sbmptn peluangnya sama saja dgn yg anak ipa maupun smk

      Delete
  57. anak ips bisa masuk FKT melalui SBMPTN ya kak?? Peluangnya besar atau kecil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setauku pas zamanku dulu (4 tahun lalu) sih bisa. peluangnya sama aja dari manapun backgroundnya

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Prospek Kerja Sarjana Kehutanan