Lulus SNMPTN Kehutanan UGM - Part II

Pada postinganku sebelumnya di Lulus SNMPTN Kehutanan UGM - Part I, aku cuma bercerita tentang pengalamanku lulus di Fakultas Kehutanan UGM lewat jalur SNMPTN yang semoga bisa menjadi inspirasi bagi yang membacanya. Nah, berhubung banyak yang nanya gimana aku bisa lulus (nilai raporku dari semester 1-5, sertifikat, dan lain sebagainya), akupun ingin membaginya di sini. So let's go straight for it.


Untuk SNMPTN, nilai mata pelajaran yang diinput adalah semua mata pelajaran kecuali Muatan Lokal. Di sekolahku ada 16 mata pelajaran pada semester 1-2, dan 13 mata pelajaran pada semester 3-5. Jadi nilai rata-rataku yang diinput ke data base SNMPTN adalah nilai rata-rata dari ke-16 dan ke-13 matpel itu. Berikut rata-ratanya:

Semester 1 : 82,56 (16 matpel)
Semester 2 : 84,87 (16 matpel)
Semester 3 : 86,38 (13 matpel)
Semester 4 : 85,53 (13 matpel)
Semester 5 : 88,38 (13 matpel)

Pada data di atas, bisa dilihat bahwa nilai rata-rataku pada semester 4 mengalami penurunan. Jadi, bagi yang kemarin bertanya apakah jika nilainya turun bisa lulus, aku rasa bisa-bisa aja. Buktinya aku hahhaa. Yang penting berdoa dan tawakal. Berdoa yang mustajab itu ketika di antara azan dan iqomah, berbuka puasa, dan ketika hujan turun. Terus juga perbanyak sedekah. Serius, tips-tips ini aku dapetin dari kakak kelasku yang lulus SNMPTN juga. Dan alhamdulillah tips-tipsnya mujarab.

Oh iya, mata pelajarannya:
1. Pendidikan Agama
2. Pendidikan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Bahasa Inggris
5. Matematika
6. Fisika
7. Kimia
8. Biologi
9. Sejarah
10. Seni Budaya
11. Pendidikan Jasmani
12. Teknologi Informasi dan Komunikasi
13. Bahasa Asing
Pada semester 1 dan 2 ada matpel Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi (karena belum penjurusan). Yang meng-input nilai-nilaimu adalah sekolah. Tugasmu nanti hanya memeriksa apakah nilai yang diinput sekolah di data base SNMPTN sudah benar.

Sertifikat yang aku masukin ada 3, karena yang dilihat sama panitia SNMPTN emang cuma 3 sertifikat terbaik kita. Jadi kalaupun mau kamu masukin 10, yang bakalan dilirik sama panitianya cuma yang 3 tertinggi. Sertifikat yang aku masukin adalah:
1. Sertifikat Juara 3 Lomba Daur Ulang Limbah Tingkat Kotamadya
2. Sertifikat Peserta Young Green Weekend School
3. Sertifikat ICAS (International Competitions and Assessments for Schools)

Bagi yang sertifikatnya gak ada hubungannya sama Kehutanan juga gapapa kok dimasukin, daripada gak ada masukin sertifikat sama sekali.

Jumlah alumni dari sekolahku yang diterima di UGM memang terus meningkat setiap tahunnya. Jumlah alumni sekolah kita sangat berpengaruh. Tahun lalu, kakak kelasku yang lulus SNMPTN di Kehutanan UGM hanya 1 orang. Dan tahun ini alhamdulillah 2 orang. Mudah-mudahan tahun depan 3 orang amin...

Karena ada yang nanya juga tentang nilai-nilai per mata pelajaranku, postingan ini aku revisi lagi. Tapi yang aku share ini nilai-nilai matpel yang di-UN-kan aja. Soalnya kalau nilai semua matpel aku share di sini nggak terlalu penting kayaknya. Agak malu sebenarnya ngepost nilai-nilaiku yang 6 matpel ini, soalnya rendah-rendah :'). Matpel lain yang nggak penting malah tinggi-tinggi. Ini nilai-nilaiku:
1. Bahasa Indonesia
    Semester 1-5 : 86, 87, 89, 86, 90
2. Bahasa Inggris
    Semester 1-5 : 88, 81, 84, 84, 86
3. Matematika
    Semester 1-5 : 76, 81, 80, 80, 88
4. Fisika
    Semester 1-5 : 77, 77, 82, 83, 85
5. Biologi
    Semester 1-5 : 82, 84, 82, 85, 85
6. Kimia
    Semester 1-5 : 78, 78, 84, 83, 87

Ok that's all the things I wanna share this time. Hopefully it would be useful for whoever read this.

Comments

  1. Kak, boleh minta alamat emailnya nggak kak? Kebetulan aku juga tertarik dengan prodi kehutanan dan biologi ugm. Mau tanya2 lebih lanjut.

    ReplyDelete
  2. Kakak lulus SNMPTN tahun 2014? Saya bingung nih kak sama sistem penilaianya.
    Kak sy boleh tanya2 via email...

    ReplyDelete
  3. edwin: iya dek aku lulus snm '14. aku gk tau dek sistem penilaiannya gmn. itu cuma pihak univ dong yg tau

    ReplyDelete
  4. Kak akujuga daftar snmptn ke UGM prodi pembangunan sosial dan kesejahteraan.. nilai nilaku pas pas aja kak, alumni di ugm juga masih dikit.. aku jadi minder kak, takut kalo kalah saingan.. apa dulu kak nisa juga gitu?

    ReplyDelete
  5. aku gak minder walaupun alumni sekolahku di kehutanan baru 1 orang. minder gak akan menghasilkan apa2. optimis aja dek :)

    ReplyDelete
  6. Doain saya lolos snm UGM ya kak :))

    ReplyDelete
  7. Oh iya kak,saya dari SMAN2 Tanjungpinang kepri Akre.A, nilai rata" keseluruhan naik terus namun hanya sekitar 80an dan rata" smester 1-5 mapel bidang ips(saya ips) 80an juga.alumni lolos ugm lewat snm saya gtw tapi lewat sbm tahun kakak ada 1, dan setahun sebelumnya lagi ada 1 lewat Utul . Sertifikat saya lampirkan 3 toefl,toeic,olimpiade . Nah menurut kakak peluang saya gimana ya? Apalagi pengumuman tinggal H-4 kaak (ngeri cemasnyaa)

    ReplyDelete
  8. eddy: kalo masalah peluang, aku gak bisa jawab dek. habis daftar snm, aku cuma mengandalkan doa dan sholat malam :') semoga kamu lulus di ugm yaa. sampai ketemu di UGM, calon gamada!

    ReplyDelete
  9. kak, aku juga pengen masuk fakultas kehutanan ugm, jalur sbm. doain yaa :D

    ReplyDelete
  10. amiin, semoga dimudahkan ya ngejawab soal2 sbmnya :) sampai ketemu di fkt ugm calon gamada ;)

    ReplyDelete
  11. kak kalo gada sertifikat apapun dan gaada alumni yang masuk di fakultas kehutanan. ada peluang ga kalo snm

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh gak tau dek. tp saranku coba aja. yg namanya peluang itu kan kayak ngocok dadu. kalo gagal snm masih ada sbm dan utul

      Delete
  12. Kak, kalau kita mau masuk Kehutanan UGM tapi masalah sertifikat, sertifikat kita itu nggak sesuai sama jurusannya. Contoh, aku punya sertifikat lomba menulis cerpen dsb, itu kan nggak nyambung kak sama jurusannya. Itu gimana ya kak, mohon balasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sertifikatku dulu juga gak nyambung kok, tetap masukin dek. wajib itu

      Delete
  13. kak kalo sertifikatnya yg cmn ikut seminar" gtu bisa dimasukin gak kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gak ada yg lain gapapa dek masukin aja daripada gaada sama sekali

      Delete
  14. Kak minta bbm line atau wa dong mau tanya2 tebtang kehutanan ugm

    ReplyDelete
  15. Kak minta bbm line atau wa dong mau tanya2 tebtang kehutanan ugm

    ReplyDelete
  16. Kak manu nanya, waktu ngisi pilihan universitas lewat snmptn kakak tulis UGM diurutan keberapa?

    ReplyDelete
  17. Kakak dari alumnus sma di jogja bukan kak? Kan kalau snmptn itu ada ngaruhnya sama yg wilayah2 gitu kak? Wiiih semoga bisa nyusul kakakk☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan rizka, aku dari SMAN 8 Pekanbaru di Riau. iya ada kuota per daerah kayaknya. aamiin, semangat yaa

      Delete
  18. Mba boleh minta nomor wa nya? Saya minat jurusan kehutanan ugm

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf nmr WA saya hanya utk keluarga dan teman2. Tanya via email saja yaa

      Delete
  19. Assalamualaikum kak, aku mau nanya prodi kehutanan ini khusus ipa doang ya? Soalnya aku anak ips dan pengen bgt masuk prodi ini di ugm):

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam, sorry for the late reply yaah.. rata2 anak kehutanan itu dari ipa dan smk dek.. tp kalo kamu sbm ngambil saintek (belajar pelajaran ipa lagi) kyknya bisa.

      Delete
  20. Kak, tahun kaka masuk brp org yg diterima snmptn kehutanan?

    ReplyDelete
  21. Jadi termotivasi lagi, makasih kak

    ReplyDelete
  22. Ka kalo nilainya kecil2 gmna? Tapi aku pgn bgt masuk fkt kehutanan nilai rata2 aku 77:((

    ReplyDelete
  23. Kaakk aku juga pengen masuk fkt tahun inii, doain yaa
    InshaAllah aku juga mau ngikutin tips" dari kakak, ehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, semoga tercapai yaa.. aku bantu doakan

      Delete
  24. halo kak, setelah lulus dr fkt kerja dimana kak??

    ReplyDelete
  25. kaka setelah lulus kerja dimana? kalo boleh tau

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Prospek Kerja Sarjana Kehutanan

Kenapa Fakultas Kehutanan UGM?