Prospek Kerja Sarjana Kehutanan

Berhubung di ask.fm ku rame banget maba-maba yang nanya lulusan kehutanan ntar bisa kerja di mana, mending aku post aja di sini biar gak ada yang nanya-nanya pertanyaan yang sama lagi. 

Sarjana Kehutanan seharusnya gak perlu bingung mau kerja di mana sehabis lulus. Bidang kerja lulusan Kehutanan sangat luas. Bisa di Perhutani, HPH, dan HTI. Kalau mau gaji besar ya di perusahaan swasta. Di perusahaan pertambangan batu bara juga bisa. Berikut peluang kerja sarjana Kehutanan yang aku dapatkan dari dosenku di FKT UGM.

1. Birokrat 
Pegawai Negeri Sipil (PNS) di:
-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)
-Dinas Kehutanan Provinsi/Kabupaten/Kota
-Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS).
Di kehutanan juga mempelajari tentang konservasi tanah dan air looh. Makanya ntar bisa kerja di BPDAS.
-Instansi pemerintah lainnya
  
2. BUMN (Badan Usaha Milik Negara)
-Perum Perhutani
-PT. Inhutani
  
3. BUMS (Badan Usaha Milik Swasta)
-BUMS Kehutanan dan agro lainnya
-BUMS bidang non Kehutanan

4. NGO/Lembaga asing lainnya
-WWF (World Wildlife Fund for Nature)
-WCS (Wildlife Conservation Society)
-LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia)
Saat Ospek mahasiswa baru Fakultas Kehutanan UGM tanggal 3-4 Agustus 2016 lalu, panitia mengundang alumni Kehutanan UGM yang saat ini sudah menjadi peneliti di LIPI.

5. Wirausahawan
Seperti Bapak Poedji Churniawan (Iwan), alumni FKT UGM angkatan 1986 (sama kayak papaku). Beliau merupakan seorang wirausahawan sukses yang sangat aku idolakan.
Adapun contoh wirausaha di bidang kehutanan adalah:
-Pengusaha kayu/pemilik industri kayu
-Pengusaha hutan (HPH/HTI/RE)
-Pengusaha wisata alam
-Pengusaha mebel/furniture
-Pengusaha ukiran kayu
-Pengusaha air minum (sumber dari mata air di hutan yang dikomersilkan)

6. Akademisi
-Dosen
Sekarang sudah banyak universitas negeri maupun swasta yang membuka fakultas kehutanan, maka dari itu dibutuhkan banyak tenaga pendidik kehutanan yang profesional.
-Guru di SMK Kehutanan

7. UPHHK (Usaha Pengelolaan Hasil Hutan Kayu)
  
8. UPHHBK (Usaha Pengelolaan Hasil Hutan Bukan Kayu)
  
9. UJL (Usaha Jasa Lingkungan) dan wisata alam
  
10. Industri hasil hutan
-PT. Kutai Timber Indonesia
Perusahaan ini adalah anak perusahaan dari Sumitomo Forestry Jepang yang bergerak di bidang perkayuan sejak tahun 1970 di Probolinggo, Jawa Timur. Hasil produksi PT. Kutai Timber Indonesia berupa plywood, particle board, dan wood industry. Perusahaan ini sering kali menyebarkan info lowongan pekerjaan langsung ke Fakultas Kehutanan atau Pertanian di seluruh Indonesia.

11. Konsultan kehutanan
Salah satu contohnya adalah CV. Kurnia Sylva, sebuah perusahaan Konsultan Kehutanan milik Bapak Poedji Churniawan (Iwan), alumni FKT UGM angkatan 1986.
  
12. KPH (Kesatuan Pemangkuan Hutan)
  
13. Pertambangan dan migas : perencana dan rehabilitasi
Lulusan kehutanan dibutuhkan di sini untuk mengembalikan kondisi lahan yang telah rusak akibat aktivitas penambangan dengan treatment seperti restorasi, reklamasi, atau rehabilitasi.

14. Pertanian dan perkebunan : perencana dan rehabilitasi
  
15. Pendamping desa : sebagai fasilitator dalam pengembangan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan.


16.  Auditor kehutanan : melakukan sertifikasi kepada HTI atau HPH pemegang IUPHHK (Izin Usaha Pengelolaan Hasil Hutan Kayu). Adapun lembaga sertifikasi hutan yang ada antara lain:
-LEI (Lembaga Ekolabel Indonesia)
-FSC (Forest Stewardship Council)
-ITTO (International Tropical Timber Organization)
-SFM (Sustainable Forest Management)
-CoC (Chain of Custody)
-Sertifikasi PHPL, PHBML
Dan masih banyak lagi. Itu semua akan kalian pelajari di mata kuliah Kebijakan Hutan.


17. Perusahaan swasta HTI (Hutan Tanaman Industri) dan Pulp and Paper
Berikut adalah beberapa perusahaan Pulp and Paper ternama dan alumni Kehutanan UGM sudah banyak yang bekerja di sana.  

1. PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP)





2. PT. Indah Kiat Pulp and Paper tbk.





3. PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia tbk.






4. PT. Wana Subur Lestari (Pontianak, Kalimantan Barat)
 5. PT. Mayangkara Tanaman Industri (Pontianak, Kalimantan Barat)

Sekian dulu yaa, sebenarnya masih banyak banget perusahaan-perusahaan yang belum aku masukin di sini. Tapi itu semua bisa kalian searching sendiri :)


If you have any question about this or anything else you need to know, do not hesitate to ask on my ask.fm : ask.fm/NisaHsna for quick response. 

Comments

  1. Ternyata lapangan pekerjaanya luas ya. Haha teman-teman selalu menghina saya karena mengambil jurusan kehutanan "kata mereka mau jadi apa nanti ?.. Mau jadi orang utan" . Tapi saya tidak tau kenapa memilih jurusan ini (mungkin udah takdir hehehe) tapi saya senang memilih jurusan kehutanan, tidak tau juga mengapa (yang penting susah diungkapkan dalam bentuk pembicaraan).

    Perkenalkan saya juga dari jurusan kehutanan tapi bukan di ugm. Tahun ini saya udah mulai persiapan mau kuliah, kemarin baru lulus SNMPTN . Oh, iya saya lulus di jurusan kehutanan di UHO (UNIVERSITAS HALUOLEO) Sulawesi Tenggara. Salam kenal ya. :) artikel-artikel kamu sangat inspiratif. Hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah salam rimbawan! hahha udaah, kalo ada yg menghina kehutanan gak usah ditanggapin. susah, dijelasin jg mereka gak bakal ngerti hehe.
      wah makasiih udh mampir ke blogku :) salam kenal jg yaa

      Delete
    2. hyy kak,,
      mau nanya nihh,, rencana tahun depan aku mau milih jurusan kehutanan UGM juga, doain lulus ya kak,
      pertanyaannya,
      apa aja sih kak yg di pelajari di FKT kak..?
      dan pratikum lapangan biasaya seperti apa kak..?

      Delete
    3. apa aja yang dipelajari di fkt?
      http://nisainna.blogspot.co.id/2014/09/mata-kuliah-fakultas-kehutanan-ugm.html

      praktikum lapangan biasanya seperti apa?
      http://nisainna.blogspot.co.id/2015/01/forest-camp.html

      budayakan nyari tau sendiri dulu ya sebelum bertanya :) kalo udh mentok gak dapet, baru nanya. hehe

      Delete
  2. Wahhhh bagus sekali kakak informasinya, semenjak aku baca blog kakak, aku jadi ga bego lagi hehe

    ReplyDelete
  3. Wahh makasi banget ni kak,jd nambah wawasan dan jd pede klu ditanya kuliah dimana & jurusan apa..
    Oia salam kenal jg saya dari kehutanan usu 0'14 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha syukurlah kalo bermanfaat. salam kenal juga unknown :(

      Delete
  4. Positif bner kak, mksih ya doain ya jadi maba fkt ugm ya 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, samasama dek. amiin, semangat yaa. sampai ketemu di fkt ugm tahun ini :)

      Delete
  5. Artikel nya sangat membantu bagi mahasiswa tingkat akhir dan calon maba yg mau masuk perguruan tinggi. Salam rimba.. Fakuktas Kehutanan Universitas Hasanuddin Makassar

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalo bisa membantu. wah kehutanan unhas. salam rimba :)

      Delete
  6. Infonya sangat membantu saya meyakinkan masuk FKT UGM. Trimaksh banyak mba, doakan saya bisa menyusul mba di FKT UGM :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukurlah kalo bisa membantu. see you at FKT UGM :) semangatt

      Delete
  7. Hay kak, Ayahku juga Sarjana Kehutanan :) Suka jalan2 kesana-kemari, hheh. Kadang di kantor kadang juga ke luar kota ,,

    Mau nanya nih saingan FKT tahun ini, kira2 susah ga ya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii hehe iyaa. duh maaf aku bukan dukun dek jadi gak tau kira2 saingan FKT UGM tahun ini susah atau enggak soalnya aku gak tau siapa2 aja yg daftar :')

      Delete
  8. Salam rimba!!
    Saya dari jurusan kehutanan universitas kuningan jawa barat .
    Jangan takut di hina atau di lecehkan sama fakultas lain, karena kita rimbawan ibarat kita itu harimau dan mereka kambing, lawan aja kalo ada yg menghina.haha
    Jaya di rimba ,wibawa di kota

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha perumpamaannya bagus juga tuh. salam rimba!

      Delete
  9. maaf mbak, mau nanya katanya kalau kehutanan kan sering survey gtu kan ke hutan itu kira2 kapan aja ya? trus fakultas kehutanan tu berat gak sih mbak?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dek, surveynya paling pas praktikum lapangan. di akhir semester biasanya, sebelum uas. berat fisik dan praktikumnya. kalo pelajarannya bisalahh

      Delete
  10. Mbak saya siswa jurusan IPS di salah satu SMAN favorit di kota Yogya. Mau tanya, mahasiswa kehutananitu cuma bisa dari jurusan IPA saja, atau IPS juga bisa?
    Dan kalaupun bisa, prefernya ke prodi apa? Maturnuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau snmptn cuma bisa dari ipa dek, soalnya kehutanan itu masuknya ke saintek. kalau sbm aku juga gak tau. sering2 update kebijakan yg sekarang aja. mgkn aja zamanku dan zamanmu udah beda kebijakannya.

      Delete
    2. hmm kalo menurutku sih bisa .. solnya sy ulu di SMA jurusan IPS . sy skrg kuliah di FKT Universitas Tadulako

      Delete
    3. iya tergantung kebijakan masing-masing univ kok hehe

      Delete
  11. hay mba saya mau masuk ke jurusan kehutanan tapi masih bingung karena ada empat jurusan di perhutanan menurut mba jurusan yang paling d cari perusahaan dan prospek kerja nya bagus apa mba ......??????
    karena saya pengen sukses seperti pak iwan yg mba ceritakan di atas ... makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. koreksi ya dek, yg bener itu "kehutanan", bukan "perhutanan" hehe. kamu kan ntar masih belum ada jurusan pas masuk. semester 1 sampai 3 masih mempelajari mata kuliah semua jurusan. ntar smt 4 baru milih jurusan. kalo masalah jurusan yg paling bagus prospek kerjanya menurutku sama aja dek semua jurusan. soalnya ntar sarjana kehutanan kalo lulus title-nya sama-sama S.Hut.

      Delete
  12. ohh brarti milihnya pas smester 4?
    oh ya mba kalau cara masuk ke kampus kampus paforit itu gimana yang sekiranya peluang di terimanya lebih besar atau menjanjijkan.. selain cara yang menggunakan nilai..
    terus kalau boleh tau mba jurusan nya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, milih jurusannya di akhir semester 3. jadi semester 4 udah punya jurusan (minat). hmm kalau cara masuk ke universitas favorit setauku cuma dgn SNMPTN (pakai nilai rapor), SBMPTN (tes), Ujian Mandiri dari tiap univ (tes juga), dan kalau di UGM itu ada jalur prestasi.
      Aku manajemen hutan hehe :)

      Delete
  13. Salam rimba,
    Saya dini, mahasisawa fakultas kehutanan universitas tanjungpura salam knal buat mbak yah! Motivasi bgt!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam rimba dan salam kenal ya Dini ;) wah dari fahutan untan yaa. papaku lagi s2 di fahutan untan loh hehe

      Delete
  14. Kakak . Terima permintaan pertemananku di FB. Saya mau tanya tanya tentang kehutanan kak. Nama saya Abdul Rahman Ruslan

    ReplyDelete
  15. Bisa minta pin bb nya kak, soalnya kakak jarang aktif di fb. Makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aku emang udah jarang buka fb dek. aku buka fb cuma kalo mau download materi kuliah di grup kehutanan haha. wah aku gak pake bbm dek.

      Delete
  16. Kalau boleh tau apa nama grup kehutanannya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, grup kehutanan di fb itu closed group :') jadi cuma mahasiswa fkt doang yg bisa join

      Delete
  17. Permisi kak, mau tanya, bedanya s1 kehutanan sama s2 apa ya kak? kerjaan yang bisa didapat nanti ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo s2 bisa jadi dosen. soalnya skrg kebanyakan univ mengharuskan tenaga pendidiknya minimal s2. selain itu, kalo kamu s2 ambil kehutanan lagi, ntar bisa jadi auditor (yg mengaudit perusahaan2 HTI, HPH, dll). auditor kehutanan itu harus s2 dan pengetahuannya harus selalu diupgrade. kalau papaku ngambil s2 supaya posisinya di kantor gak digeser sama bawahannya (soalnya lulusan zaman skrg kan udh lebih modern drpd papaku yg lulusan zaman kapan wkwk)

      Delete
  18. salam kenal semua forester indonesia. saya dari kehutanan Unila (Universitas Lampung)

    ReplyDelete
  19. hay semua .. salam rimba sy dari FKT Universitas Tadulako .. inspired banget dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo =) wah jauh. salam kenal ya.. makasihh ^^

      Delete
  20. salam rimba saya dari fakultas kehutanan andi djemma terimah kasih semenjak saya baca blog ini saya jadi semangat hidup rimbawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam rimba! wah syukurlah, samasama yaa.. senang jg bisa nyemangatin org lain hehehe

      Delete
  21. Replies
    1. silvikultur itu bidang studi yg mempelajari tentang budidaya tanaman kehutanan seperti pemuliaan tanaman, hama dan penyakit, gimana cara ngerubah pohon2 yang batangnya bengkok2 jadi lurus2 supaya nilai ekonomisnya tinggi, dll.

      Delete
  22. Salam rimbawan .. kak tahun ini aku baru masuk di jurusan ini .. jurusan kehutanan ini memang minatku dr dlu" .. banyak banget yg ngehina aku kak .. katanya nantu title nya S.monyet lah .. mau tinggal dihutan lah .. trus ada yg blg sekarang sarjana kehutanan udh nggal dipake dengan alasan hutan di indonesia sdh tdk sebanyak dlu .. mohon motivasi nya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sarjana kehutanan sekarang udah nggak dipake??? setauku sarjana kehutanan sekarang malah lagi dipake jadi presiden tuh, orang nomor 1 di Indonesia.
      hutan sekarang udah gakk sebanyak dulu? hutan skrg udah semakin rusak? banyak pembalakan liar, illegal logging, dan kebakaran hutan? iya memang bener. kenapa bisa terjadi? karena sarjana kehutanan yang berkualitas masih kurang.
      semakin banyak masalah di bidang kehutanan, semakin banyak sarjana kehutanan yg dibutuhkan.
      berarti semakin sedikit hutan, semakin besar peluang sarjana kehutanan untuk membangun hutan kembali. kita semakin dicari karena semakin dibutuhkan.
      lain kali kalo ada yg menghina kamu, jawab aja "kalo gak ada orang kehutanan, hutan udah habis terus kamu MATI".
      di luar negeri, forester itu berjaya loh. orang indonesia kan gak mau membuka wawasan. sempit bgt pikirannya jadi yah biarin aja.
      perusahaan pertambangan aja butuh orang kehutanan kok buat restorasi lahan. buktiin aja ke orang2 yg menghina kamu kalau setelah lulus nanti kamu bisa punya gaji yang lebih tinggi dari mereka.

      Delete
  23. Salam rimbawan kak, saya maba kehutanan di Universitas Lampung, makasih kak atas artikel dan refrensi tentang fakultas kehutanannya...jadi tambah yakin,sama jurusan ini... soalnya banyak yang merespon aneh kenapa saya pilih kehutanan .....
    Semoga kita bisa sama2 sukses ya kak!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo.. alhamdulillah kalo kamu makin semangat. aamiin, see you on top!

      Delete
  24. Salam Rimaba,!
    Salam kenal.
    Ka sy maba fahutan tadulako, trimakasi atas artikelnya, oiya ka, tdi sy bca diatas ada group kehutanan, apa nma
    Group nya ka,?

    ReplyDelete
  25. Salam Rimaba,!
    Salam kenal.
    Ka sy maba fahutan tadulako, trimakasi atas artikelnya, oiya ka, tdi sy bca diatas ada group kehutanan, apa nma
    Group nya ka,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam rimba! halo ari :) iya samasama yaa. grup yg dimaksud di atas itu close group utk mahasiswa kehutanan ugm aja. kalo grup untuk mahasiswa kehutanan se-Indonesia kamu bisa join di Sylva Indonesia. ada grup fb nya. searching aja yaa

      Delete
  26. Salam. Minta di kasih tau dong setiap loker di kasih anggaran gaji biat tambah tau kitanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf postinganku ini bukan lowker. masalah lowker dan gaji bisa kamu cari tau sendiri di website perusahaan

      Delete
  27. Replies
    1. silakan.. tp jgn lupa dicantumkan sumbernya ya, atau sitasi supaya gak dicap plagiasi.

      Delete
  28. Sesudah saya membaca artikel ini, saya jadi termotivasi, ternyata jika lulus dari fakultas kehutanan bisa juga bekerja di PT.RAPP Pekan baru. Saya sungguh berterima kasih ea kak.
    Saya dari universitas tanjung pura fak. Kehutanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. samasama, ya.. seneng kalo bisa memotivasi. iyaa, banyak kok lulusan kehutanan yg kerja di RAPP. btw papaku juga lagi s2 di Kehutanan UNTAN.

      Delete
  29. Mba Nisa, saya mau tanya. Kan di UNHAS FKT itu hanya satu pogram studi, yaitu Kehutanan. Apa nanti tdak memilih misalnya mAnajemen kehutanan, konservasi dsb. Apa hanya kehutanan umum kak? Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo di UNHAS aku gak tau. kayaknya kebijakan di tiap universitas beda2. coba cari tau di website nya UNHAS?

      Delete
  30. Mau tanya ni universitas swasta mana ya yg ada FKT nya (daerah pulau jawa)
    Coz saya lulus sma '13 heheh
    n saya senang sekali kegiatan di lapangan, apa ga ketinggalan ya kalo ambil kuliah kehutanan sedangkan saya bukan dari ipa n dah lama lg lulus sma ahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Jogja ada INSTIPER, mas.. di sana selain kehutanan juga ada pertanian dan perkebunan. bisa cari infonya di google ya mas soalnya saya kurang tau juga hehe

      Delete
  31. saya dari sispala smkn 1 karawang
    insya allah saya mau daftar ke FKT cuma dari smk bisa nerima ngga jalur SNMPTN ? salam rimba teh
    doain di terima teh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam rimba, iskandar :) setauku mulai tahun 2016 kemarin SNMPTN kehutanan ugm hanya menerima dari IPA :( tapi kan masih bisa lewat sbmptn dan mandiri. aamiin, semoga keterima yaa

      Delete
  32. Kak aku mau tanya kaka masuk fkt ugm lewat jalur apa ?

    ReplyDelete
  33. Kak aku mau tanya kaka masuk fkt ugm lewat jalur apa ?

    ReplyDelete
  34. Kak aku mau tanya kaka masuk fkt ugm lewat jalur apa ?

    ReplyDelete
  35. Kak, klau ospeknya kehutanan UGM itu gmn sih kak?

    ReplyDelete
  36. Informasi yg sangat luar biasa dan berguna, trims infonya ka �� salam rimbawan dari fakultas kehutanan universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin

    ReplyDelete
  37. Alhamdulillah dapat pencerhana ttg prospek kerja kehutanan. Bismillah, kehutanan UGM 2017, minta do'anya mba... Titip salam mba buat hafidz kehutanan UGM 2016

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah. aamiin.. good luck ya! oalah Hafidz itu anak panduku pas ospek hehe

      Delete
  38. Hai kaaa
    Aku triana,mksih ya kaa blognya berguna bgt jdi bisa yakinin aku ke mama

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo trianaa. iya samasama. semmoga mamanya bisa percaya ya hehe

      Delete
  39. salam rimbawan..
    informasi yang sangat bermanfaat.. doakan cepat lulus ya..:p
    salam dari kehutanan Universitas Bengkulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, semoga cepet lulus cepet dapet kerja yaaa

      Delete
  40. kak, sya mau tanya. klo lulusan kehutanan itu, bisa juga kerja di taman nasional atau engga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg kerja di taman nasional itu kebanyakan isinya memang orang kehutanan -_-

      Delete
  41. Assalamualaikum
    ane mau nanya kk
    kalo lulusan kehutanan ntr bisa di perkebunan kelapa sawit gk kk?

    ReplyDelete
  42. cek email dong kakk, atau jawab lewat sini juga boleh hehe.. mbaknya udah ada bayangan atau rencana belum buat setelah lulus kehutanan ntar mau gimana? selama kuliah ikutan riset atau program dan semacamnya gitu ga mbak? tengkyuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah udah. aku gaada rencana sekolah lagi. aku abis lulus mau langsung kerja di perusahaan internasional.

      Delete
  43. Terimakasih utk pencerahnnya setelah baca ini. Salam Kenal sya ika lulusa thn 2017 yg lulus sbmptn fakultas kehutanan universitas Mulawarman. Masih camaba doakan sukses terus yaa kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. samasama Ika ;) aamiin, sukses juga buat kamu yaa

      Delete
  44. baru aja tadi buka pengumuman utul dan aku diterima di ugm jurusan kehutanan :D boleh minta kontaknya kak? buat tanya2 aja sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat datang rimbawan muda! semoga betah ya di FKT wkwk. lineku : nisahsna

      Delete
  45. Saya sudah semester 6. Dan semester depan udah magang .. jadi sangat memerlukan informasi mencari lowongan pekerjaan untuk lulusan kehutanan buat ancang ancang .. oh iya saya dari kalimantan selatan mahasiswa fakultas kehutanan minat studi silvikultur 2014 Universitas Lambung Mangkurat

    ReplyDelete
  46. Saya sudah semester 6. Dan semester depan udah magang .. jadi sangat memerlukan informasi mencari lowongan pekerjaan untuk lulusan kehutanan buat ancang ancang .. oh iya saya dari kalimantan selatan mahasiswa fakultas kehutanan minat studi silvikultur 2014 Universitas Lambung Mangkurat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dong, aku juga smt 6. oh kalau di kampusku perusahaan magangnya dicariin dari akademik. salam kenal yaa

      Delete
  47. assalamuallaikum kak , salam rimbawan ,saya enda rahmawati lulus di FHUT UNTAN tahun ini kak, infonya bermanfaat kak �� thx uu

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumussalam mbak.. aku masih semester 7 hehe. congrats for your graduation yaa.. samasamaa

      Delete
  48. assalamualaikum kak, salam rimbawan, saya shania maru di FAHUTAN UNIVERSITAS JAMBI, terimakasih infonya kak, sangat bermanfaat :)
    sebenarnya saya memilih kehutanan karena di suruh oleh orang tua, jujur pertama saya ngeremehin kehutanan, pengennya gak mau kayak bapak atau ibu, pengennya lebih tinggi, pengennya kerja atau kuliah di bagian pertelevisian, tapi mungkin jalannya udah beda,jalannya udah gak ada ke petelevisian, jd dapatnya di kehutanan, mungkin emang darah nya udah ngalir kali ya kak hehehehheh
    sukses terus kakkkkk, pengen bisa keteu kakak untuk saling sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumussalam shania.. alhamdulillah kalau yg kushare bermanfaat hehe. wkwk gapapa dek, itu kamu keterima di kehutanan karena orang tua kamu ridho kalau kamu di kehutanan. Kalau kerja kan ntar gak mesti di kehutanan. mas sepupuku cerita, di tempat dia kerja di RCTI ada temennya yg lulusan kehutanan lohh

      Delete
  49. Sebelumnya mau tanya untuk perusahaan hutan industri seperti pulp and paper itu s.hut bekerja d bidang apa nya ya, karena aetau saya perusahaan sebesar itu banyak sekali divisinya dan pasti banyak diisi oleh tenaga kerja dari berbagai latar belakang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya sebelumnya perkenalkan iqbal dari rekayasa kehutanan ITB

      Delete
    2. iya kamu bener, Iqbal. di setiap perusahaan pastinya ada berbagai macam divisi atau departemen. kalau di industri pulp and paper misalnya, di sana ada bagian:
      -research and development (RnD)
      -nursery (pembibitan)
      -production
      -planning
      -safety
      -environment

      nah setauku kalo kehutanan bakal ngisi bagian2 di atas. kalau lebih spesifik lagi pastinya orang kehutanan itu dibutuhin di lapangan utk pasokan bahan bakunya.

      Delete
  50. Salam rimba saya mahasiswa kehutanan dari Universitas Lambung Mangkurat Yang ada di Kalimantan Selatan.

    ReplyDelete
  51. Salam rimba saya mahasiswa kehutanan dari Universitas Lambung Mangkurat Yang ada di Kalimantan Selatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal :) sebaiknya kalau perkenalan itu menyebutkan nama dan instansi hehe

      Delete
  52. Salam rimba kak.. Saya Herrera. Saya minat mau masuk kehutanan. Boleh nanya² ngga kak. Salam kenal

    ReplyDelete
  53. Salam rimba kak.. Saya Herrera. Saya minat mau masuk kehutanan. Boleh nanya² ngga kak. Salam kenal

    ReplyDelete
  54. Nama aku rizqialashar dri fakultas kehutanan UniversitasTanjungpura Pontianak,salammm rimbaaaa. Salam kenal yaa semua.

    ReplyDelete
  55. Tidak adakab yg sudah kerja ? Yg lulusan kehutanan disini ? Dan kerjanya dimana ? Kalau ngomong prospek saja kurang greget butuh yg bisa ceritain pas nyari kerjaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang sudah bekerja tentu saja sangat banyak. tp ya gak mungkin juga mereka comment di sini karena mereka pasti sibuk bekerja. fyi saat bulan puasa kemarin ada bukber alumni Kehutanan UGM yang bekerja di Riau. yg datang hamper 40an orang dan mereka semua bekerja di perusahaan2 besar multinasional yg ada di Riau. itu baru yg di Riau ya, belum yg di Kalimantan, Papua, Aceh, dll.

      Delete
  56. Waaah terima kasih kak informasinya:")
    perkenalkan saya wardah dari fakultas kehutanan IPB:)
    Saya baru masuk lewat jalur SNMPTN kak, awalnya aga sedih karena memang sering dipandang sebelah mata karena masuk Jurusan kehutanan:")

    ReplyDelete
    Replies
    1. samasama wardah :) jgn dengarkan apa kata orang. itu loh Pak Jokowi, orang nomor 1 di Indonesia alumni jurusan Kehutanan. hal ini membuktikan kalau lulusan kehutanan compatible utk bekerja di mana saja. bahkan jd presiden. di kehutanan kan juga diajarkan mata kuliah politik, kebijakan, social, dsb.

      Delete
  57. Hai kak.. aku pengen masuk kehutanan UGM lewat jalur mandiri tapi aku bingung gimana mengurutkan pilihan jurusan. Apakah diurutkan berdasarkan passing grade atau prioritas?? Makasih kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai dek :) diurutkan berdasarkan jurusan apa yg paling kamu inginkan yaa

      Delete
  58. Salam rimba

    Kawan" rimba ada yang punya info loker di HTI atau HPH atau lain" ga ya?

    ReplyDelete
  59. Kak saya masih SMA kelas 12 dan masih bingung milih jurusan , sebenarnya tertarik juga untuk masuk kehutanan .
    Kalau boleh minga kontak wa nya ada ndak kak ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kenapa Fakultas Kehutanan UGM?