Pengalaman Jadi LO Career Days UGM



Event jobfair akbar Career Days ECC UGM ke-18 kembali digelar selama 2 hari, yaitu pada Sabtu dan Minggu, 29-30 Agustus 2015 lalu. Career Days yang diadakan di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM itu sukses dilaksanakan oleh ECC UGM dengan jumlah perusahaan yang tergabung dalam event tersebut sebanyak 59 perusahaan. Jumlah jobseeker (pencari kerja) yang berburu pekerjaan di acara Career Days UGM 18 mencapai 16 ribu orang pada hari pertama.


Aku merasa beruntung dapat menjadi bagian dari suksesnya acara Career Days ke-18 lalu. Aku mendapatkan kesempatan menjadi Liaison Officer (LO) dari PT. Darta Media Nusantara atau yang lebih dikenal dengan KASKUS. Kebetulan KASKUS saat itu sedang membuka lowongan paling banyak di antara perusahaan lain, yaitu sebanyak 20 lowongan. Maka tak heran jika pelamar KASKUS juga membludak. 



Banyak pengalaman berharga yang aku dapatkan selama menjadi LO. LO selalu menjadi sie yang paling banyak peminatnya saat Open Recruitment Panitia Career Days UGM. Sebenarnya aku mendaftar menjadi sie Pemandu Ruang Tes dan Pemandu Ruang Presentasi untuk Perusahaan. Tapi pada saat wawancara, aku mengutarakan keinginanku bahwa aku sangat ingin menjadi LO suatu saat nanti. Dan tak kusangka, saat pengumuman kelulusan panitia CD, aku diletakkan di sie LO, bukan di sie Pemandu Ruang Tes ataupun Pemandu Ruang Presentasi.


Setelah mengikuti serangkaian Briefing, Technical Meeting, dan Gladi Bersih, akhirnya Career Days ECC UGM ke-18 tiba. Salah satu keuntungan menjadi panitia CD adalah: sarapan dan makan siang selama 2 hari terjamin. Hehehe. Setelah briefing oleh ECC UGM dari jam 6-7 pagi, LO langsung menuju ke booth masing-masing. Aku menunggu kedatangan officerku (bosku) di booth KASKUS. Sekitar pukul 07.30 WIB, officerku datang dan aku langsung memperkenalkan diri kepada mereka. officer dari KASKUS berjumlah 3 orang dan semuanya wanita. Ketiganya berasal dari Departemen HRD (Human Resource Development) dan salah satu di antaranya adalah seorang HRD Manager KASKUS. HRD merupakan suatu departemen di dalam perusahaan yang berfungsi dalam perekrutan calon tenaga kerja/karyawan baru.


Walaupun aku sudah dibriefing oleh ECC UGM, namun aku kembali di-briefing oleh officer dari KASKUS. Briefing oleh ECC UGM lebih menekankan tentang bagaimana kita harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada klien kita. Sedangkan briefing oleh KASKUS lebih ke arah apa-apa saja yang harus aku jawab jika ada jobseeker yang bertanya tentang perusahaan atau lowongan yang dibuka oleh KASKUS.


Pukul 08.00 WIB, pintu masuk GSP dibuka dan para jobseeker langsung menyerbu masuk memenuhi GSP. Aku membagi-bagikan selebaran yang berisikan posisi/lowongan yang dibuka oleh KASKUS kepada para jobseeker yang mendekat ke booth KASKUS. Pertanyaan paling umum yang aku dapatkan dari para jobseeker selama menjadi LO adalah:

“Mbak, posisi yang bisa untuk semua jurusan apa, ya?”

“Kalau lulusan D3 bisa ngelamar di posisi apa ya, mbak?”

“Mbak, ini drop hardcopy CV, nggak?”


Tak terhitung berapa puluh kali aku menjelaskan hal yang serupa berulang-ulang kepada para jobseeker yang bertanya. Selain itu, tugas LO adalah mengambilkan coffee break untuk Officer pada pukul 10.00 dan 15.00 WIB. Ketika sudah pukul 10.00 dan 15.00 WIB, LO harus mengingatkan Officer-nya untuk mengambil coffee break di VIP Lounge. Jika officer terlihat sedang sibuk, LO harus memiliki inisiatif untuk mengambilkan coffee break officer.

Jobseeker yang mengantri di booth KASKUS untuk melakukan pendaftaran

Kebanyakan jobseeker tidak mencari tahu terlebih dahulu tentang perusahaan yang ingin mereka lamar. Bahkan tidak sedikit para jobseeker yang mencoba keberuntungan dengan cara melamar di semua lowongan yang ada. Ada seorang jobseeker yang sudah memasukkan CV-nya di sebuah perusahaan, lalu ia malah bertanya pada LO perusahaan tersebut “Ini perusahaan apa ya mas?”. Hal tersebut menunjukkan bahwa ia tidak sungguh-sungguh dalam melamar di perusahaan tersebut. Alangkah baiknya jika kita mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan yang kita tuju sebelum memutuskan untuk melamar di sana. Analoginya kalau kita suka sama seseorang, pasti kita bakal mencari tahu tentang orang yang kita suka itu kan? Kita bakal kepoin dia sampai sedetail-detailnya. Begitu pula jika ingin melamar kerja.


Aku bersyukur dapat bekerja bersama officer-officerku dari KASKUS. Pada hari pertama, setelah kerja aku diajak officerku makan di Gudeg Yu Djum. Di hari kedua, aku dikasih donat J.Co. Anak kos pasti seneng banget kan kalau dikasih makanan gratis. Wkwkwk. Selain itu relasiku juga bertambah. Aku jadi tahu bahwa ada beberapa posisi yang sangat mementingkan penampilan seperti posisi Account Executive (AE) yang kerjanya adalah berhubungan langsung dengan perusahaan-perusahaan lain agar mau memasang iklan di KASKUS. Maka dari itu tentu saja seorang AE dituntut berpenampilan menarik dan pandai mempromosikan benefit-benefit yang diberikan KASKUS jika perusahaan tersebut memasang iklan di KASKUS.

Aku berharap pada acara Career Days berikutnya, aku bisa menjadi LO lagi di perusahaan yang berbeda. Yang mau mencoba nambah-nambah uang saku boleh banget ikutan. Lumayan kan, bisa dapet penghasilan sendiri, kenalan sama orang-orang hebat, dan tentunya dapat mempersiapkan diri lebih cepat karena udah tau gimana ketatnya persaingan dalam mencari pekerjaan di jobfair.





JADI LO CD LAGI? YES!

Comments

Popular posts from this blog

Prospek Kerja Sarjana Kehutanan

Kenapa Fakultas Kehutanan UGM?